Info Terbaru
recent

Makanan Asam Bisa Akibatkan Gigi Menjadi Lebih Sensitif

kenapa gigi bisa sensitif, alasan gigi sensitif, faktor penyebab gigi sensitif

IDNPortal.com -  Makanan asam merupakan salah satu penyebab serius kerusakan pada gigi seperti rujak, acar, tape, jus mangga, jus jeruk, kopi, rujak, yoghurt dan beragam olahan lainnya

gigi-sensitif-bisa-diakibatkan-karena-makanan-asam
sumber gambar: sidomi.com
Bagi anda yang suka mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan asam yang tinggi maka perlu berhati–hati bila suatu saat gigi anda menjadi lebih sensitif.

Efek yang paling mudah yang bisa anda rasakan adalah rasa ngilu akibat erosi pada gigi. Bagaimana erosi gigi bisa terjadi? Erosi gigi terjadi karena proses kimia tanpa melibatkan bakteri dan ini membuat email gigi menipis, sedangkan rasa ngilu terjadi akibat penipisan lapisan dentin gigi dan akar gigi.

Untuk mencegah hal ini terjadi anda bisa melakukan hal–hal berikut:
1. Mengurangi asupan makanan dan minuman yang memiliki kadar asam yang tinggi.
2. Berkumur dengan air putih bisa menetralisir keasaman yang ditimbulkan oleh makanan.
3. Lakukan pembersihan gigi setengah jam setelah selesai makan

Apabila gigi anda sudah sangat sensitif maka sebaiknya gunakan pasta gigi yang memiliki kandungan hydroxyaoatite dan potassium serta Zinc Citrate yang mampu mengurangi rasa ngilu dan membantu menjaga kesehatan gusi anda.

Bila masih saja mengalami permasalahan gigi ngilu sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter gigi di kota/daerah anda. Hal ini demi mencegah kerusakan gigi yang lebih parah.

Baca juga:
Diberdayakan oleh Blogger.