Info Terbaru
recent

MITOS: MENDENGKUR PERTANDA SESEORANG TIDUR NYENYAK

kesehatan: mendengkur bukan pertanda seseorang tidur dengan nyenyak.

IDNPortal.com -  Mungkin anda pernah mendengar ungkapan bahwa bila seseorang mendengkur berarti dia sedang terlelap dalam tidur. Padahal dalam ilmu medis, kebiasaan mendengkur merupakan salah satu gangguan saat tidur yang patut anda waspadai.

mitos-mendengkur-pertanda-seseorang-tidur-nyenyak-lelap
sumber gambar: health.detik.com
Menurut dr. Adreas yang dilansir dari majalah Femina, Mei 2015 mengatakan bahwa prilaku mendengkur merupakan gangguan pada jalur pernafasan. Selain mendengkur yang patut anda waspadai juga adalah merasa tetap mengantuk walau sudah tidur dalam waktu yang lama. Apabila kedua hal ini anda rasakan maka bisa jadi anda mengalami ganguan yang namanya sleep apnea yaitu nafas berhenti saat tengah tertidur.

Menurut informasi British Snooring dan Apnoea Association mengatakan bahwa sleep apnea tidak banyak disadari oleh wanita dan pria. Selain itu para wanita dan pria juga merasa malu jika ingin berkonsultasi dengan dokter prihal masalah mendengkur.

Dalam jurnal penelitian kedokteran THT mengungkap bahaya lebih dalam soal mendengkur yang berakibat secara serius pada jantung dibandingkan dengan obesitas, terutama sleep apnea.

saat seseorang tengah mendengkur ternyata ada episode orang tersebut bangun dari tidurnya dan bisa berlangsung dalam waktu singkat atau malah sering terjadi. Biasanya kejadian ini sering kali tidak disadari pada saat tidur.
Bila proses tidur anda sepanjang malam sering sekali terpotong-potong maka saraf simpatis anda akan meningkat yang berakibat pada pengaturan kelenjar keringat dan juga rangsangan sekresi gula dalam hati.

Begitu sistem tubuh ini diaktifkan maka akan menyebabkan detak jantung yang cepat serta kontraksi pada pembuluh darah. Akibatnya tubuh anda mengalami gangguan pada metabolisme yang berakibat secara langsung pada detak jantung, kadar gula yang meningkat dan juga tekanan darah yang tinggi.

Bila hal ini dibiarkan terus berlangsung maka tidak jarang seseorang yang mengidap sleep apnea akan mengidap hipertensi, diabetes, strike dan gangguan pada organ jantung. Namun, anda tidak perlu kuatir gejala sleep apnea dapat disembuhkan.

Untuk lebih jelasnya silahkan berkonsultasi dengan dokter THT yang ada di daerah anda.

Baca Juga:

7 Tips Buat Anda yang Ingin Mengatasi Ngorok/ Mendengkur


Minum teh panas memicu kanker tenggorokan

Amankah menelan cairan pelumas Mr. P


Sering merokok, Mr. P jadi makin kecil


Mau cepat mati, teruskan merokok

4 Tips Sehat Menghadpi Polusi Asap
Diberdayakan oleh Blogger.