Info Terbaru
recent

Apa Benar Tanda Memar Setelah Bangun Tidur Pertanda Disentuh Setan?

memar setelah bangun tidur, kenapa memar setelah bangun tidur, kok bisa memar setelah bangun tidur, penyebab memar setelah bangun tidur, memar tapi kok tidak sakit yah.

IDNPortal.com - Apakah anda pernah terkejut melihat badan anda mengalami memar/ lebam/ ruam setelah bangun tidur? Perasaan selama anda tidur semalaman tidak berbenturan dengan benda atau siapapun.


Apa Benar Tanda Memar Setelah Bangun Tidur Pertanda Disentuh Setan?

Kemudian anda bertanya pada sejumlah rekan anda dan ada yang bilang kalau anda semalam telah disentuh oleh setan. Karena merasa bingung anda mencoba untuk menyentuhnya dan ternyata sakitnya minta ampun atau saat disentuh kok tidak ada rasa sakit yah.

Tapi benarkah memar tersebut adalah kelakuan dari setan usil? Berikut 6 penyebab ilmiah kenapa memar itu bisa timbul pada badan anda.

6 Penyebab Kenapa Bisa Memar Setelah Bangun Tidur

Kegiatan fisik yang berat

Penyebab sederhana memar itu terjadi adalah karena anda telah melakukan kegiatan fisik yang berat, contohnya saja olahraga. Loh kok bisa? Ketika melakukan kegiatan fisik yang berat banyak otot yang masih tegang dan belum lentur. Karena ketegangan Inilah maka tanpa anda sadari beberapa bagian pembulu darah pada otot mengalami kerusakan (pecah). Inilah alasan mengapa sangat disaranakan untuk melakukan pemanasan ringan sebelum melakuakn kegiatan fisik yang berat.

Pertanda Diabetes

Penyebab selanjutnya adalah anda mengalami resiko diabetes. Penelitian para ahli mengatakan bahwa memar yang muncul pada tubuh merupakan gejala atau pertanda seseorang memiliki resiko terkena diabetes. Kalau tidak percaya, coba lihat riwayat keluarga anda. Apakah ada yang pernah atau mengidap diabetes? Jika iya, segera konsultasikan ke dokter umum/ dokter penyakit dalam/ internist terdekat di kota anda.

Kurang Vitamin C pada tubuh

Jangan pernah anggap remeh kandungan vitamin yang satu ini. Jika anda kekurangan kandungan vitamin C maka yang terjadi adalah timbul memar pada tubuh anda. Ingat Vitamin C juga termasuk antiosidan pada tubuh.

Mengalami penuaan

Apa hubungannya memar dengan penuaan? Perlu anda ketahui bahwa saat seseorang mengalami penuaan maka produksi kolagen akan menurun sehingga tingkat elastisitas dan perlindungan kulit juga ikutan turun. Karena hal inilah maka seseorang yang lanjut usia mudah sekali memar tanpa harus mengalami benturan keras.

Ada kelainan darah

Salah satu contohnya adalah hemofilia. Bahkan beberapa studi kasus menyebutkan seseorang yang mengidap Hemofilia dapat memar walau hanya bersentuhan/ kontak fisik secara ringan. Selain itu ada kemungkinan seseorang mengalami kanker darah apabila memar sering sekali muncul pada bagian tubuh.

Imunitas menurun

Jumlah trombosit yang menurun membuat imunitas tubuh ikut turun. Kondisi tubuh seperti ini dikenal dalam dunia medis sebagai penyakit autoimun (Idiopatik Trombositopenia Purpura). Jenis penyakit ini merupakan penyebab paling sering kenapa seseorang bisa mengalami memar pada bagian tubuh. Berita baiknya memar dan penyakit tersebut dapat sembuh secara sendiri dengan waktu maksimal 6 bulan. Jika dalam waktu 6 bulan tidak hilang segera konsultasikan pada dokter di kota anda.

Sebarkan informasi ini pada orang-orang disekitar anda
Diberdayakan oleh Blogger.